PERAN LINGKUNGAN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK (Keluarga, Lembaga Pendidikan dan Masyarakat)

KELUARGA

“a family as a two or more person living together and related by blood, marriage or adoption”.

(Keluarga adalah kehidupan dari dua orang atau lebih yang diikat hubungan darah, perkawinan atau adopsi)

Keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang PERTAMA dan UTAMA

PERTAMA

Dikatakan pertama karena dalam keluarga inilah anak pertama-tama mendapatkan didikan dan bimbingan.

UTAMA

Dikatakan utama karena sebagian besar dari kehidupan anak berada di dalam keluarga  sehingga pendidikan yang paling banyak diterima oleh anak adalah dalam keluarga.

Ayat dan Hadits Rasulullah SAW:

Q.S. an-Nahl (16): 78,

والله أخرجكم من بطون أمّهاتكم لاتعلمون شيأ وجعل لكم السمع و الأبصار والأفئدة لعلكم تشكرون

Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Allah memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.

مامن مولودإلا يولد على الفطرة فأبواه يهودانه أوينصرانه أويمجسانه… (رواه مسلم)

Artinya: tiadalah seorang yang dilahirkan melainkan menurut fitrahnya, maka akibat kedua orang tuanyalah yang meyahudikannya atau menasranikannya atau memajusikannya.

Fungsi Keluarga bagi Perkembangan Anak

1. Fungsi Biologis

2. Fungsi Ekonomis

3. Fungsi Pendidikan (Edukatif)

4. Fungsi Sosialisasi (keluarga miniatur masyarakat)

5. Fungsi Perlindungan

6. Fungsi Rekreatif (maka jadikanlah keluarga sebagi lingkungan yang memberikan kenyamanan, keceriaan, kehangatan dan penuh semangat bagi anggotanya)

7. Fungsi Agama (Religius)

Pola pendidikan keluarga dalam perspektif
Al-Qur’an, surat Luqman ayat 17

يَا بُنَيَّ أَقِمِ الصَّلاةَ وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلَى مَا أَصَابَكَ إِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ الأمُور.

Hai anakku, dirikanlah salat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah)

Lembaga Pendidikan dan Pembentukan Karakter Anak

-Lembaga pendidikan (formal dan non formal) sebagai bagian dari sistem sosial yang sangat mempengaruhi perkembangan karakter anak.
-Rata-rata sepertiga waktu anak dalam sehari dihabiskan di lembaga pendidikan, sehingga  turut mewarnai perkembangan karakter dan kepribadian seorang anak
-Sebagai upaya sadar dalam membentuk dan mengembangkan karakter anak, lembaga pendidikan bertanggung jawab merumuskan kurikulum sebagai kerangka sistem pembelajaran.

PERAN DAN FUNGSI LEMBAGA PENDIDIKAN BAGI PERKEMBANGAN ANAK:

—1. Mengembangkan kecerdasan pikiran dan memberikan pengetahuan
—2. Spesialisasi (masyarakat semakin maju, bertambah diferensiasi sosial)
3. —Efisiensi (kesibukan & ketidakmampuan orang tua)
—4. Sosialisasi;
—5. Konservasi dan transmisi kultural (memelihara dan menyampaikan warisan budaya)
—6. Transisi dari rumah ke masyarakat

PERAN Masyarakat dalam Membentuk Karakter Anak

1.Selain lingkungan keluarga dan lembaga pendidikan, perkembangan kepribadian anak juga dipengaruhi oleh masyarakat
2.Masyarakat merupakan sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.
3.Keberadaan masyarakat yang menghargai ajaran Islam, turut memberikan kontribusi bagi anak dalam memahami makna hidup, mempraktekkan ajaran Islam, rajin beramal, cinta damai, suka menyambung ukhuwah islamiyah.
4.Jika nilai-nilai Islam melekat pada budaya masyarakat, tentunya secara tidak langsung akan dapat mendorong pembentukan karakter Islami pada diri seorang anak.

Peran Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Anak dapat Diklasifikasikan dalam Dua Hal:

a. Peran melalui keberadaan masyarakat yang berjalan secara alamiah dan terbuka

b. Peran masyarakat yang terlembagakan dalam organisasi-organisasi sosial

Terima Kasih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s